Thursday, October 1, 2020

Tak Hanya Fokus Salurkan Kredit, Fintech Juga Fokus Bantu Kembangkan UMKM

Perkembangan teknologi digital membawa kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang finansial. Adanya inovasi layanan bernama fintech (financial technology) menjadi sebuah terobosan dalam bidang finansial yang sangat memudahkan. Salah satu layanan yang ditawarkan adalah pinjaman online atau peer to peer lending.

 


Keunggulan bagi Penerima Dana Peer to Peer Lending


Layanan peer to peer ini adalah layanan pinjaman online yang diberikan atau memberikan pinjaman kepada individu maupun bisnis untuk mengembangkan usahanya. Intinya, sistem pinjaman ini mempertemukan antara pemberi pinjaman dan pinjaman di dalam sebuah platform secara online. Dengan cara ini siapapun bisa mengajukan dan memberi pinjaman.

 

Peer to peer ini merupakan satu dari sekian banyak layanan finansial yang bisa didapatkan dari adanya inovasi teknologi finansial. Layanan ini bisa Anda dapatkan di platform Amartha, sebuah platform yang microfinance yang akan menghubungkan antara pemodal dengan pelaku usaha mikro secara online.

 

Dengan adanya platform ini akan memudahkan kedua belah pihak. Bagi pemilik usaha, platform ini bisa menjadi alternatif pemberi pinjaman yang mudah dan cepat. Sementara untuk pemodal, platform ini juga bisa menjadi tempat Anda melakukan investasi. Bagi pemilik usaha yang mengajukan pinjaman, Anda akan mendapatkan keunggulan berikut ini.

 

1.     Pembentukan Kelompok yang Terdiri dari 15-20 Orang


Keunggulan pertama yang didapatkan pemilik usaha mikro yang mengajukan pinjaman online ini adalah mereka akan dikelompokkan dalam satu kelompok yang terdiri dari 15-20 orang. Kelompok ini dibentuk berdasarkan pemilik usaha mikro yang domisilinya saling berdekatan. Dengan begitu akan terbentuk jalinan yang baik antar sesama penerima pendanaan.

 

Kelompok tersebut diwajibkan untuk mengikuti pelatihan guna membangun komitmen untuk tanggung renteng. Maksudnya, ketika ada salah satu anggota yang mengalami kesulitan dalam pembayaran, maka kelompok inilah yang akan saling membantu.

 

2.     Sistem Skor untuk Penerima Pinjaman


Umumnya, setiap layanan peer to peer Indonesia menggunakan sistem atau metode berbeda-beda dalam memberikan pendanaan. Amartha sendiri memberlakukan metode yang berdasarkan profil dan rencana usaha calon penerima pinjaman. Rencana usaha dan profil penerima pinjaman itu kemudian dievaluasi berdasarkan sistem khusus bernama skor kredit.

 

3.     Pertemuan yang Diadakan Mingguan


Jika Anda menjadi salah satu penerima pendanaan, maka Anda akan mendapatkan fasilitas berupa pertemuan yang dilaksanakan mingguan. Pertemuan ini dilakukan untuk memberi materi tentang banyak hal berkaitan dengan cara untuk memajukan usaha mikro yang dikembangkan serta materi tentang pengelolaan keuangan.

 

Setelah Anda mengetahui apa itu fintech dan apa saja fasilitas dan keunggulan yang Anda dapatkan, kini Anda tidak perlu kesulitan lagi mencari pendanaan untuk mengembangkan usaha Anda. Amartha tidak hanya memberikan kemudahan dalam mengajukan pinjaman, namun juga mendampingi para penerima pendanaan. Dengan begitu penerima pendanaan ini bisa semakin memajukan usahanya.

0 comments:

Post a Comment