Friday, December 25, 2020

Perbedaan dan Contoh Surat Lamaran Kerja dengan CV

Selain ijazah pendidikan terakhir dan daftar riwayat hidup (CV), seorang fresh graduate butuh belajar dari contoh surat lamaran kerja yang benar supaya tidak keliru saat menyertakan dokumen penting itu dalam lamarannya. Selain penting, syarat utama yang diminta oleh perusahaan tertarget kepada calon tenaga kerja adalah berkas tersebut. Berkas lamaran kerja menjadi penting dan harus dibuat sebaik mungkin supaya Anda cepat mendapat panggilan wawancara untuk tahap selanjutnya.


Ketika proses melamar pekerjaan, para perekrut juga menilai para calon tenaga kerjanya melalui berkas yang menjadi pembuka pembicaraan tersebut. Mungkin para pelamar yang sebelumnya sudah lama bekerja tidak lagi asing terhadap surat lamaran kerja, tetapi berbeda cerita dengan para fresh graduate. Selain minim pengalaman dan tidak dapat membuat berkas lamaran tersebut dengan baik, mereka juga tidak bisa membedakannya dengan curriculum vitae (CV). Bagi yang belum tahu perbedaan kedua berkas lamaran tersebut, silahkan baca sampai habis pembasahan berikut ini sebelum memutuskan melamar ke perusahaan-perusahaan

Surat Lamaran Kerja? Apakah Itu?

Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat dan dikirim oleh seseorang (dalam hal ini calon pekerja) kepada suatu instansi atau perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja di posisi tertentu. Tentunya berkas lamaran menjadi pembuka pembicaraan yang juga menjelaskan maksud dan tujuan dari penulis ketika mengirimkan surat ke perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Contoh surat lamaran kerja bersifat resmi dan ditulis perseorangan atau individu. Maka dari itu, baik gaya bahasa, format surat, hingga gaya penulisan harus baik, benar, jelas, lugas dan sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).


Surat lamaran kerja biasanya memiliki 3 struktur utama, yaitu pembukaan, isi dan penutup. Untuk pembukaan, Anda bisa menulis mulai dari bagian penerima surat lamaran tersebut. Sedangkan untuk isi dari surat lamaran bisa menulis informasi singkat diri sendiri, tujuan dan maksud penulisan, dan daftar lampiran berkas. Dan untuk bagian akhir atau penutup surat lamaran, para fresh graduate ini bisa memberikan sedikit kalimat berikut dengan tanda tangan dan nama terang.


Pastikan data diri yang dicantumkan dalam isi surat lamaran sudah tepat, apalagi informasi tersebut berkaitan dengan kontak yang bisa dihubungi pihak perusahaan tempat melamar pekerjaan. Anda juga dapat dengan jelas menyertakan keinginan menempati posisi atau pekerjaan yang akan diisi. Jangan ragu untuk menggunakan huruf tebal pada jenis pekerjaan yang dilamar, sehingga mudah bagi pihak perusahaan mengetahui posisi yang Anda inginkan.

Lalu, Apa Perbedaan Antara Surat Lamaran Kerja dengan CV?

Kedua berkas lamaran ini tentu saja berbeda. Jika di surat lamaran kerja Anda menerangkan maksud, tujuan dan posisi pekerjaan yang dilamar, maka di curriculum vitae (CV) berisi informasi mengenai perjalanan hidup. Mulai dari riwayat pendidikan (baik formal dan nonformal), pengalaman kerja yang dilakukan, hingga deskripsi diri yang menarik harus termuat dalam CV. 


Meskipun berbeda, kedua berkas lamaran ini dikirim secara bersamaan ke perusahaan yang membuka lowongan kerja. Dari CV dan surat lamaran kerja inilah pihak perekrut bisa mengenal Anda sebelum mempertimbangkan untuk melakukan interview.

Membuat Surat Lamaran Kerja dan CV yang Menarik Itu Penting!

Ingatlah sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran ke sebuah perusahaan, bahwa akan banyak kandidat pelamar yang harus dihadapi ketika proses rekrutmen tenaga kerja. Untuk satu posisi saja, ada puluhan bahkan ratusan pelamar kerja yang saling bersaing sengit. Tentu pihak perusahaan hanya memilih salah satu yang terbaik dari para pelamar tersebut. Dan supaya dapat melenggang hingga tahap akhir perekrutan pegawai, Anda harus terlebih dahulu membuat pihak perusahaan melirik CV dan surat lamaran kerja yang dikirimkan.


Kini, para fresh graduate sudah tahu dengan jelas perbedaan kedua berkas lamaran dari contoh surat lamaran kerja dan CV di atas. Semoga berhasil diterima di perusahaan yang diinginkan!


Deskripsi: Contoh surat lamaran kerja dan perbedaannya dengan curriculum vitae (CV) bisa diketahui dengan mudah berdasarkan informasi berikut.

0 comments:

Post a Comment